Kamis, 22 Januari 2015

Universitas Nusa Nipa Sikka

Inilah Paduan Suara Nipa/Mahasiswa UNIPA-Maumere-Sikka-NTT yang beberapa waktu lalu mengikuti lomba paduan suara di Bali (foto yanto de flores)....



UNIPA Songsong Status Universitas Negeri..

POS-KUPANG.COM - Universitas Nusa Nipa Maumere atau sering disebut Unipa Maumere telah berusia 10 tahun. Di usianya ke-10 Unipa Maumere terus berbenahi diri guna menyongsong status baru menjadi Universitas Negeri Nusa Nipa atau Universitas Negeri Pertama di Pulau Flores.

Rektor Unipa Maumere, Ir.Angelinus Vincentius, M.Si. mengatakan Unipa Maumere sekarang bisa dikatakan sebagai Perguruan Tinggi baru tapi terbesar di Flores dengan berbagai fakultas unggulan.

Unipa kini memasuki usianya yang ke-10, dan telah memiliki 7 fakultas dan 18 program studi yang semuanya telah terakreditasi. Jumlah mahasiswa aktif yang sedang menempuh pendidikan di Unipa sebanyak 2.634 orang. Unipa sudah 6 kali menyelenggarakan wisuda sarjana & diploma & profesi, dengan total lulusannya sebanyak 1.917 orang sarjana & profesi Ners & ahli madya.

Kini semakin banyak perguruan tinggi di NTT, bahkan ada cabang Universitas Nusa Cendana di Bajawa – Ngada.

Unipa mulai menerapkan kurikulum yang mengikuti Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) guna menyongsong MEA 2015.

Upaya peningkatan daya saing juga dengan mengantisipasi datangnya turbulensi Desember 2015, dimana semua dosen harus berpendidikan minimal Magister (S2), kini Unipa sudah memiliki 68 orang Magister dan 2 orang Kandidat Doktor, dan sebelum Desember 2015 semua dosen Unipa diharapkan sudah S2 (on going). Upaya lainnya adalah peningkatan fasilitas pendukung dan infrastruktur akademik, laboratorium, perpustakaan, dan sedang mengupayakan Rusunawa (rumah susun penginapan mahasiswa) dari berbagai sumber pembiayaan.

Di samping itu, Unipa yang kini telah memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang telah ber-Badan Hukum, telah siap dengan berbagai Pusat Studi, untuk memberikan kontribusi pemikiran ilmiah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, juga wadah untuk meningkatkan aktifitas dosen dan mahasiswa meneliti.

Unipa juga telah mendapatkan donatur yang akan memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa berprestasi, tidak hanya prestasi akademik tetapi juga prestasi olah raga, musik, karya inovatif dan kreatif mahasiswa yang mendapatkan juara atau penghargaan.

Unipa merencanakan untuk membuka program studi baru, yaitu S1 Kebidanan, S1 Pendidikan Matematika, dan S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Unipa akan membuka jenjang S2 Manajemen, dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. Pada tahap awal Unipa akan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi lain yang sudah menyelenggarakan program tersebut dan berakreditasi B. Hal ini dimaksudkan agar pada tahap awal kebutuhan akan tenaga dosen dapat teratasi, sambil Unipa mempersiapkan tenaga dosen sendiri yang dimulai dari sekarang.

Unipa Maumere adalah Perguruan Tinggi pertama di Provinsi NTT yang membuka program Ners. Pendidikan Profesi Ners di Unipa dimulai tahun 2009 sebanyak 23 orang, lalu berkembang terus sampai sekarang setiap tahun rata-rata meluluskan Ners 30 – 40 orang.

Jumlah tenaga pengajar (dosen) Unipa sekarang 178 orang, terdiri dari S1 sebanyak 108 orang, S2 sebanyak 68 orang, dan S3 (kandidat doktor) sebanyak 2 orang. Komposisi dosen seperti ini memang belum memenuhi persyaratan ideal. Karena itu maka Unipa telah mewajibkan semua dosen melanjutkan kuliah ke jenjang Magister, dengan pembiayaan dari Unipa, biaya sendiri, dan dari donatur lainnya (diupayakan on going sebelum Desember 2015).

Hal ini berdasarkan ketentuan UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen bahwa paling lambat Desember 2015, semua Dosen berpendidikan minimal S2 (disebut dengan istilah turbulensi Desember 2015”).

Fasilitas yang ada di Unipa cukup lengkap, seperti : tanah untuk bangunan kantor dan gedung kuliah / laboratorium / perpustakaan seluas 30.000 m², ruang kuliah dan sarana pelengkap memadai, Laboratorium Kesehatan Kritis, Laboratorium Informatika – Komputer, Laboratorium FKIP, Laboratorium Kesehatan A dan B, Laboratorium Psikologi, Laboratorium Pertanian, Laboratorium Teknik Sipil, Laboratorium Arsitektur, Laboratorium Perikanan (sedang dilengkapi), Laboratorium Bahasa Inggris (ELLIS), Ruangan CBT (satu-satunya yang ada di Kabupaten Sikka), Perpustakaan, di seluruh kawasan kampus adalah wilayah hot spot memudahkan mahasiswa melakukan browsing internet , sarana campus ministry, kantin kampus, dan fasilitas Unit kegiatan Mahasiswa seperti Paduan Suara yang pernah meraih Juara II silver medal pada Bali International Choir Festival, band kampus, klub diving, pencinta alam, fotografi, seni rupa, unit olah raga.

Usulan untuk alih status Unipa menjadi Perguruan Tinggi Negeri telah dimulai sejak tahun 2012, dan semua berkas telah diajukan ke DIKTI oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa bersama Pemerintah Kabupaten Sikka.

Terhadap usulan tersebut, DIKTI telah memberikan tanggapan dengan surat nomor : 9053/E.E2.2/KL/2014 tanggal 18 November 2014, yang meminta agar Unipa segera melengkapi berkas usulan tersebut dengan tambahan 5 (lima) hal administrasi seperti Berita Acara, Sertifikat Tanah, Surat Pernyataan Pemerintah Daerah, fotocopy SK, yang semua bahan tersebut kini sudah dilengkapi oleh Pihak Unipa dan segera diantarkan kembali kepada DIKTI.

Proses Unipa menjadi PTN telah berjalan jauh, diupayakan oleh Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa bersama Pemerintah Kabupaten Sikka. Unipa kini menyongsong status barunya sebagai Universitas Negeri Nusa Nipa / UNNIPA” dan menjadi Universitas Negeri pertama di Flores.

Unipa kini sudah menjadi kebanggan masyarakat Sikka, apa jaminan Anda bahwa lulusan Unipa bisa bersaing dengan lulusan lembaga pendidikan tinggi lain di NTT.

Unipa sedang menerapkan sistem pendidikan yang menghasilkan lulusan yang selain kapabel pada bidangnya juga memiliki kelebihan (nilai plus) yaitu fasih berbahasa Inggris dan terampil menggunakan IT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar