Sabtu, 29 Agustus 2015

Zoom Alor & Pesona Pantai (Lingal)


JAKARTA (Flodarita) - Sektor pariwisata butuh publikasi (expose) agar dikenal lalu banyak wisatawan lokal dan asing tentu tertarik berkunjung. Explore to Expose, sebuah bentuk kegiatan nyata yang dilakukan Zoom Alor, sekelompok pemerhati dan pegiat pengembangan wisata untuk wilayah bagian timur Indonesia.


Zoom Alor, mungkin juga berafiliasi dengan situs berita way2east.com, baru-baru ini melakukan kegiatan Explore to Expose ke pulau Alor, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tim Zoomalor kembali mendatangi Pantai Lingal di Desa Halerman Kecamatan Alor Barat Daya, tentu ingin langsung menikmati keindahan pantai ini.

"Selain menikmati keindahan alam, berenang, berfoto, hingga melakukan olahraga pantai, kami juga mengunjungi perkampungan warga yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi obyek wisata ini," tulis Zoomalor di laman facebooknya.

Tim Zoomalor juga melakukan beberapa kegiatan Sosialisasi Sadar Wisata/Sapta Pesona segaligus meninjau dan membantu penggalian sumur untuk warga di kampung Ling Al.

Pantai Lingal memiliki hamparan pasir luas dan panjang yang cocok digunakan untuk olahraga pantai. Pantai yang masih alami dan jauh dari kebisingan kota ini juga dapat dijadikan sebagai lokasi kemping sambil menanti terbitnya mentari.

Selain itu, pantai Lingal juga memiliki gelombang yang cukup tinggi sehingga cocok dikembangkan untuk wisata selancar.

Lokasi obyek wisata ini berdekatan dengan Spot Diving Katedral, Gua Makpan, dan Mezbah yang dibangun menggunakan tengkorak manusia. Wisatawan juga bisa menikmati atraksi wisata bahari atau berlayar ke pantai wisata ini selama 2 jam perjalanan dari Ibu Kota Kabupaten Alor, sambil menikmati indahnya panorama alam di seluruh pesisir pantai Alor Barat Daya.

Perairan di Pulau Kepa, Alor juga menghadirkan suasana aman dan damai, menghirup udara bersih tanpa polusi, dan tanpa kebisingan kota, sambil menikmati panorama alam berhiaskan pulau-pulau lainnya di Kabupaten Alor yang mengelilingi Pulau Kepa.

Air laut di Pulau Kepa juga sangat bersih dan bagus digunakan untuk berenang, wisatawan bisa melakukan aktivitas snorkeling sambil menikmati indahnya terumbu karang dan aneka biota laut yang menghiasai perairan Pulau Kepa.

Alor juga memiliki Pulau Sika, pulau kecil tidak berpenghuni tapi memiliki sejuta pesona alam yang sangat indah. Dari pulau Sika wisawatan dapat menyaksikan sunset dan sunrise dari satu titik tanpa perlu berpindah tempat. Sama dengan laut Alor pada umumnya, air laut di Pulau Sika juga sangat jernih dan cocok digunakan untuk Snorkeling.

Jika beruntung anda akan bertemu dengan Dugong atau mamalia pemalu dan ramah yang hidup di perairan Pulau Sika. Dugong yang hidup di pulau Sika sangat ramah dan bersahaja dengan nelayan yang mencari di perairan tersebut, saat bulan purnama sepasang Dugong ini akan muncul ke permukaan dan bermain diatas pasir yang menghubungkan antara Pulau Alor dan Pulau Sika.

Alor juga memiliki pesona pantai Maimol, pantai Deere, pantai Batu Putih, pantai Jawatoda (Pantar), pantai pasir tiga warna, keindahan bawah laut, dan pantai Sekertaing.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar