Sabtu, 08 April 2017

Numba, tempat termahal di Flores


JAKARTA (Flodarita) - Jika kota Ende, bagi Bung Karno (Presiden Soekarno), adalah kota di ujung dunia yang terletak di pulau bunga itu, maka Numba wilayah sebelah barat kota Ende (sekira 12 km) adalah tempat terindah baginya.

Teluk Numba yang indah dan landscape pertanian yang menawan tidak bisa dilupakan atau hanya membekas di memori. Bung Karno mengabadikannya dalam bentuk lukisan, terpampang pada salah satu dinding di kediamannya, Istana Presiden.

Roso Daras (sejarawan Indonesia) menulis di blognya bahwa Bung Karno meminta pelukis besar, Basoeki Abdullah, untuk menuangkannya ke dalam kanvas dan diberi judul “Pantai Flores”. Lukisan ini banyak digemari publik dunia, dan masuk kategori lukisan termahal karya Basoeki Abdullah.

Jika Basuki Abdullah berangkat ke Ende (untuk melukis Teluk Numba) bersama Bung Karno, ada dua kemungkinan, yakni tahun 1950 dan 1954. Teluk Numba, tidak terlalu jauh dari lokasi sungai Nangaba, tempat Bung Karno gemar berendam.

Tahun 30-an, kawasan Teluk Numba tentunya jauh lebih alami, jauh lebih indah. Belum ada hiruk-pikuk kendaraan bermotor. Dan Bung Karno pun bisa menikmati Teluk Numba dari “semenanjung” kecil. Teluk Numba benar-benar menjadi bumi inspirasi bagi Bung Karno.

Frans Dorelagu, budayawan asal Ende-Lio, saat ini tinggal di Jakarta, berharap Pemda Ende lebih fokus membangun Numba sebagai destinasi wisata potensial, apalagi punya catatan historis terkait Bung Karno.

"Jika Pemda Ende berniat bangun juga Museum Bung Karno di Numba, ini tentu akan sangat menarik. Saya yakin banyak investor invest di Numba," ujar Frans kepada Redaksi Flodarita hari ini.

Benar belakangan ini, jumlah wisatawan yang datang menikmati keindahan Teluk Numba, Pantai Numba, Batu Cincin, kian meningkat. Dari Numba, wisatawan bisa menikmati pesona sunset (senja), laut biru, langit biru, pantai dengan batu aneka warna.

Ludovikus Ndona Wini melukiskan Numba sebagai "Rocher Percé"-nya Flores. Rocher Percé itu salah satu tempat wisata terkenal di Gaspésie, Gaspé, Québec, Canada.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar